Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Jejak Pengabdian Kasek SD Negeri 4 Sinjai Utara

  • Bagikan

SINJAI, nuansainfonews.com – Segunduk suka duka dilalui oleh Abdul Asis, S. Pd, kepala SD Negeri 4 Sinjai, kecamatan Sinjai Utara, berjuang tiada lelah mencerdaskan generasi muda di “Bumi Panrita Kitta” sebutan lainnya Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dikisahkan, sepak terjangnya mulai pada tahun 1983 setelah tamat Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Kala itu mulai mengabdi di SD Negeri 154 Alehanuae, terletak di Sinjai Utara. Sekitar 3 sampai 4 Km dari tempat tinggalnya ditempuh jalan kaki.

“Setelah diwisuda di Parepare saya langsung ditempatkan di SD Alehanuae tahun 1983. Saat itu kendaraan masih terbatas dan akses ketempat tugas masih minim. Saya naik angkot dari Lappa ke Sentral (pasar sentral Sinjai red) dan dari situ jalan kaki ketempat tugas melewati sungai Mangotong” Ungkap Abdul Asis. Kamis 24 Maret 2022 mengenang perjuangannya beberapa tahun silam.

Baca Juga:  Disdik Sinjai Turut Andil Meriahkan HJS Ke-459

Dikatakan, dirinya mengabdi di sana ( SD Alehanuae red) sekitar 10 tahun. Banyak gebrakan dilakukan di sana, mulai dari pembinaan pramuka olahraga dan kegiatan lainnya.

“Yang membuat saya betah saya galakkan pramuka di sana. Bahkan hampir setiap minggu kita adakan acara perkemahan” Sebutnya.

Lanjut dikatakan, setelah kurang lebih 10 tahun mengabdi di SD Alehanuae dirinya dimutasi ke SD 104 Kalaka. Selain guru umum pihaknya juga punya peranan sebagai guru olahraga.

“Jadi saat saya pindah ke SD Kalaka kebetulan disitu tidak ada guru olahraga maka saya juga berperan sebagai guru olahraga. Alhamdulillah saat itu banyak prestasi berhasil kita raih dan bahkan siswa kami sering mewakili Kabupaten Sinjai” Terangnya.

Baca Juga:  Geliat Kelurahan Sangiaseri Bangun Infrastruktur

Bahkan saat bertugas di SD Kalaka, ia (Abdul Asis red) sempat ikut lomba NAPAK TILAS (Jejak Pahlawan) mewakili Sinjai yang bertempat di Kabupaten Bulukumba dan berhasil menjadi juara pada tahun 1990 an.

“Setelah juara NAPAK TILAS di Bulukumba, Alhamdulillah tahun berikutnya kembali kami meraih juara yang diadakan di Kabupaten Barru. Setelah itu, tahun berikutnya lagi Sinjai yang tuan rumah” Bebernya.

Menelisik lebih jauh pada tahun 1993 ditempatkan di SD Negeri 3 Sinjai Utara. Pada saat itu bersama rekan guru lainnya pihaknya menggagas kelas unggulan. Dan ia (Abdul Asis) termasuk salah satu guru yang lolos sebagai guru kelas unggulan untuk bidang studi Bahasa Indonesia dan PPKN.

Pada tahun 2007 diangkat jadi Kepala SD Balle. Dia (Abdul Asis) menggagas beberapa kegiatan keagamaan. Bahkan dia gagas bagi siswa memakai pakaian celana panjang demi menggalakkan shalat Duha disela mata pelajaran. Selain itu pihaknya mendapatkan bantuan musholah.

Baca Juga:  Dilengkapi Wastafel, UPT SMA Negeri 12 Sinjai Eksis PTM Terbatas

“Saat diberi amanah menahkodai SD Balle, kami dirikan TK TPA dan disitu kita mulai programkan bagi lulusan hafiz 1 juz Al Qur’an” Tuturnya.

Pada tahun 2017 mendapat amanah menahkodai SD 4 Sinjai Utara sampai saat ini. Berhasil membawa sekolah sekolah tersebut memiliki “aura” tersendiri dimata masyarakat luas. Salah satu program menjadikan SD Negeri 4 Sinjai Utara memiliki “aura ” pihaknya memunculkan program STANKU (Sekolah Tanpa Kumu).

“Alhamdulillah banyak perubahan mulai dari suasana sekolah yang elok dan kami kalau umur panjang sudah memasuki masa pensiun Desember tahun ini (2022) ” Kuncinya. (Syam Sastra Maulana)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *