Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Sinjai Bakal Bangun Dua LPM Tahun Ini

  • Bagikan

SINJAI, nuansainfonews.com – Tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Sinjai mendapatkan fasilitas bantuan pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dari Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pertanian RI.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai Hj. Marwatiah saat ditemui wartawan, Rabu (11/5/2022) mengatakan bahwa ada dua paket bantuan pembangunan lumbung pangan di Sinjai yakni masing-masing berada di desa Lamatti Riattang Kecamatan Bulupoddo dan di desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan.

Baca Juga:  Gatol Jalur Mediasa Kasus Sang Pangeran

Dalam satu paket program ini senilai Rp 1 milyar, dimana didalamnya akan dibangun beberapa fasilitas pendukung yaitu lantai jemur, Rice Milling Unit (RMU), Bed Dryer (mesin pengering pertanian) disertai pembangunan rumah RMU dan rumah Bed Dry.

“Tahun lalu kita juga dapat bantuan ini sebanyak satu paket untuk Gapoktan di desa Biroro Kecamatan Sinjai Timur dengan anggaran Rp 500 juta. Alhamdulillah tahun ini kita dapat dua paket dan anggarannya pun meningkat menjadi Rp 1 milyar per paket,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemprov Sulsel Ditengarai Lalai Tunaikan Kewajiban, Ada Apa?

Pembangunan lumbung pangan ini kata Marwatiah sebagai bentuk perhatian dari Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) terhadap Gapoktan yang aktif dan terus menjalankan kegiatan usaha pertaniannya.

Terkait hal ini, Bupati ASA menyebut, keberadaan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) sangat penting dalam memenuhi penyediaan pangan dan memberikan kemudahan akses pangan, baik secara fisik maupun ekonomi.

Baca Juga:  Kadinkes Sinjai Optimis Insentif Dokter Dan Tenaga Kesehatan Cair Tahun Ini

“Bantuan ini sangat penting bagi petani di sini, karena mereka bisa mengolah gabah menjadi beras, sehingga nanti yang dijual tidak lagi berupa gabah, tetapi sudah beras. Ini tentu memberi keuntungan dan kesejahteraan bagi petani,” tutur ASA.

Lulusan Magister Hukum di Monash University Melbourne Australia ini berharap program ini berlanjut terus untuk kesinambungan dan kemandirian ketahanan pangan kedepannya khususnya di kabupaten Sinjai.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *