Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Kemilau Forum PATBM Koltim

  • Bagikan

KOLTIM SULTRA – Organisasi Forum Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kab. Koltim, Prov. Sultra, bakal memusatkan kegiatan rapat Koordinasi (Rakor)ke 8, ungkap Hasnawati Aktivis, Forum PATBM, kepada Wartawan, sabtu 14 mei 2022.

Kendati demikian, Pihaknya menyiapkan topik penting yang tertuang dalam bentuk laporan.

Laporan tersebut menyangkut pembahasan yang rencananya akan di koordinasikan lebih lanjut pada saat rapat kordinasi di laksanakan.

Hasnawati menyebut laporan tersebut diterima Kordinator Kecamatan (Korcam) Forum PATBM Lambandia, Koltim, Muhammad Amir, SP.

Pihak yang terlibat dalam organisasi Forum PATBM sangat menjaga integritas dalam mengembang amanah.

Berbagai permasalahan kasus menyangkut Anak telah tuntas lewat kerja aktif Forum PATBM.

Hadirnya kerja aktif organisasi Forum PATBM yang terus-menerus menekan angka kekerasan terhadap anak, serta menggalakkan sosialisasi sesuai aturan dan amanat undang-undang yang berlaku. Tentu membawa dampak positif di Kabupaten kolaka Timur.

Seperti belum lama ini sejumlah lembaga formal pendidikan yang terletak di wilayah kecamatan Lambandia (wilayah tugas-red) telah di sambangi oleh pihak Forum PATBM.

Keterlibatan Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak PPPA, kab.Koltim, tidak tertinggal, responsif kepala bidang PPPA, Santi Mustafa senangtiasa melakukan pendampingan pada setiap persoalan yang ada.

Baca Juga:  DBH Pemprov Sulsel Dimana Rimbahnya?

Kiprah kabid Santi patut diapresiasi, selain mampu memoles perwajahan kegiatan Forum PATBM juga sukses mencetus Program DRPPA yang resmi di Launching bertempat di Desa Talodo, Kecamatan Lalolae, pada bulan february 2022 lalu.

Kendati begitu kasus-kasus yang menyeret anak di bawah umur, tertangani secara intens hingga menuai solusi.

Setiap kegiatan sosialisasi maupun penindakan kasus, Hasnawati menegaskan, pihak Forum PATBM terus berkordinasi serta melibatkan pihak terkait dalam menyelesaikan permasalahan yang dianggap mendasar sesuai masing-masing kewenangan” tegasnya.

Menurut Hasnawati, hal itu perlu dilakukan agar koneksi terhadap pihak terkait berjalan semestinya.

Bukan cuma itu, kata dia, komunikasi yang terjalin  dapat menebas keterhambatan kegiatan baik Komite maupun forum PATBM,

Selain itu komunikasi juga dapat menepis gejala buruk, agar tidak ada aturan-aturan yang tercederai di balik kegiatan forum PATBM yang gencar terealisasi dengan sukses.

Wanita kelahiran 20 oktober 1984 ini, juga secara resmi bertupoksi pada Pengelolah manajemen Keuangan Forum PATBM. Kab Koltim.

Meski anggaran yang di kelola nyaris secara keseluruhan bersifat Swadaya.

Baca Juga:  Tinggal Di Gubuk Reyot Warga Palae Sinjai Luput Bantuan

Terpisah, Muhammad Amir, SP Korcam lambandia, mengutarakan, kegiatan rakor yang ke 8 (delapan) bertempat di Kantor Desa Penanggootu, Kecamatan, Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

Kegiatan tersebut di jadwal pada hari selasa siang , tanggal 17 mei 2022 tiga hari ke depan.

Ditanyakan terkait persiapan rakor, ia berujar senada dengan Hasnawati .

“Persiapan rakor di lakukan melalui pemantapan data oleh masing-masing korcam”Imbuhnya

Lanjut Muhammad Amir, SP mengklaim pihaknya telah siap menyukseskan kegiatan Rakor tersebut.

Pemantapan yang ia maksud tak lain adalah mengadakan rapat interen /Monitoring bersama dengan Komite PATBM Desa, sebelum rakor di gelar

Tujuannya untuk menggali gagasan, dan setiap isi laporan.

Kemudian laporan tersebut akan di ajukan dan ter bahas tuntas dalam Rakor ke-8 nantinya”terangnya.

Ketua Forum PATBM Rosmini, S.Pd, membenarkan ungkapan keduanya.

Menurut Ketua Rosmini, Rakor merupakan kegiatan vital yang rutin di laksanakan secara bergulir dan berkala.

Setiap kegiatan rakor yang dilaksanakan forum PATBM melibatkan pemerintah dan Instansi vertikal lainnya.

Rakor ke 7 bertempat di Desa Pangi-Pangi, Kepal Desa, Usman Batjho turut hadir ditengah berlangsungnya kegiatan sampai selesai.

Baca Juga:  HJS Ke 460 Pemprov Sulsel Diminta Tuntaskan Proyek Mangkrak Di Sinjai

Untuk Rakor ke 8 yang di pusatkan di Kantor Desa penanggootu, Kecamatan Lambandia, semoga kembali berjalan sesuai harapan.

“Saya berharap semoga setiap kegiatan yang dilaksanakan forum PATBM dapat berjalan dengan lancar dan tertib, serta semangat forum PATBM tidak pernah runtuh, harap Ketua Forum PATBM Rosmini.

Melalui sambungan telpon terpisah,”Untuk rakor ke-8, besar kemungkinan saya tidak dapat menghadiri, saya sekarang masih berada di kabupaten Soppeng, Sulsel. Akan tetapi baik Korcam Dangia maupun Komite Desa dan atau forum PATBM di pastikan turut hadir dalam kegiatan tersebut, dan pelaporan yang hendak di bahas dalam rakor dirampungkan oleh Korcam Dangia Nurul Putri, dan wakil Komite PATBM, Jumarni serta Bend. Hj Mastiarah “,kunci, H Agusnadi Wakil Ketua.

Perlu diketahui, selain Pihak Dinas PPPA Kab.Koltim yang berperan aktif dalam menyukseskan Kegiatan Forum PATBM, Wahana Visi Indonedia (WVI) Penggaas Organisasi Forum PATBM sinarnya tak pernah redup, Pihaknya selalu terdepan pada setiap kegiatan melalui Manager WHI Ende Hutabarat S.H (*)

Penulis : Supriadi Buraerah.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *