Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Budidaya Cabe Desa Lamatti Riattang

  • Bagikan

SINJAI – Pemerintahan desa sebagai ujung tombak pembangunan tidak henti-hentinya memunculkan berbagai inovasi bermuara pada kesejahteraan masyaralat.

Tersebutlah misalnya, Desa Lamatti Riattang Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai Sul-Sel. Kini memiliki trobosan brilian sejahterakan warga lewat budidaya tanaman cabe. Hal ini diungkapkan oleh Muhlis, S. Pd, Sekdes Lamatti Riattang saat media ini berkunjung kesana, Senin 30 Mei 2022.

Secara gamblang pihaknya mangatakan, budidaya tanaman cabe yang sementara digalakkan dapat menambah pundi-pundi penghasilan masyarakat, kenapa ? Karena tanan tersebut sangat sesuai dengin kondisi lahan serta mendapat respon positif warga.

Baca Juga:  Fun Run SMANSA Sinjai Dibanjiri Peserta

“Banyak faktor yang mendasari pengembangan cabe didesa kami ini. Pertama animo masyarakat cukup tinggi dan didukung oleh kondisi alam. Kami optimis program ini dapat memberi tambahan penghasilan warga kedepannya” Sebutnya. Sambil ditambahkan, Desa Lamatti Riattang memiliki penduduk 2021 jiwa tersebar di 4 dusun.

Nasrullah, S. Sos Kades Lamatti Riattang Periode 2022 – 2028.

Lebih jauh dikatakan, budidaya cabe merupakan program ketahanan pangan yang sumber anggarannya dari Dana Desa (DDS). Dimana Lamatti Riattang mendapat gelontoran anggara sekitar Rp 1,7 Miliyar tahun ini (2022). Dengan rincian Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 802.555.373,- dan Dana Desa (DDS) sekitar Rp 767.000.000,-

Baca Juga:  Kiprah Abd Gani Kasek SDN 107 Kaloling

“Untuk ADD digunakan untuk kegiatan operasional desa dan perangkat terkait serta kegiatan pembibitan cabe, pembayaran BPJS dan lainnya” Tuturnya.

Sementara untuk DDS sekitar 40 persen. dialokasikan ke Bantuan Langsung Tunai (BLT) menyasar sekitar 86 KK, dengan jumlah bantuan sekitar Rp 300.000, per KK setiap bulannya.

“Selain BLT ada kegiatan pembangunan jalan rabat beton 1 paket, kegiatan penanganan covid, stanting dan lainnya” Jelas Muhlis.

Lebih jauh dijelaskan, Desa Lamatti Riattang, kini memiliki nahkoda baru adalah Nasrullah S. Sos. Merupakan kades terpilih pada pesta Pilkades serentak se- Kabupaten Sinjai yang digelar pada tanggal 17 Maret 2022. Dan dilantik oleh Bupati Sinjai pada tanggal 26 Mei 2022.

Baca Juga:  UPT SMA Negeri 13 Sinjai Butuh Tambahan RKB

“Insya Allah kalau tidak ada aral melintang serah terima jabatan kades akan digelar pada hari Senin 6 Juni 2022. Kami semua bersama rekan-rekan dan seluruh masyarakat Desa Lamatti Riattang mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Bapak Nasrullah sebagai Kades Lamatti Riattang periode 2022 -2028” Kuncunya.(Ilham Fajar)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *