Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Budidaya Ikan Air Tawar Desa BuluTellue Sinjai

  • Bagikan

SINJAI, nuansainfonews.com – Meski hanya menjabat hitungan bulan sebagai Kades Bulutellue, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Sulsel. Namun M. Basri, S.Sos, M.Si, mampu melakukan berbagai gebrakan pembangunan. Patut kita apresiasi bersama.

Ia (M. Basri red) jeli melihat potensi desa lalu bangkit bersama segunduk trobosan bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Budidaya ikan air tawar hadir manyapa warga. Menghalau kegersangan ekonomi demi menambah pundi-pundi penghasilan masyarakat.

“Tahun ini (2022) ada program budidaya ikan air tawar. Merupakan salah satu langkah kami sebagai pemerintah desa dalam menggempur perekonimian warga” Ungkap M. Basri, S.Sos, M.Si, Senin 30 Mei 2022. Ssesaat sebelum menghadiri acara syukuran di kediaman Syamsuddin, kades terpilih Desa BuLutellue.

Baca Juga:  SMA Negeri 9 Sinjai Butuh Gedung Laboratorium

Sekedar diketahui, Syamsuddin, terpilih sebagai kades Bulutellue, lewat Pilkades serentak se Kabupaten Sinjai, pada tanggal 17 Maret 2022 setelah mengungguli rivalnya (Para calon kades lainnya red). Serta dilantik oleh Bupati Sinjai sebagai Kades Bulutellue, untuk periode 2022 – 2028, pada tanggal 26 Mei 2022 . “Insya Allah minggu ini serah terima jabatan” Sebut M. Basri.

Secara gamblang dibeberkan, Desa Bulutellue memiliki potensi alam di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Mengembangkannya harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) handal.

“Bicara pengembangan potensi desa itu tidak terlepas dari SDM. Karena semuanya harus ditopang SDM handal. Untuk itu kita berharap kepada, Syamsuddin sebagai kades terpilih bisa melakukan gebrakan gemilang kedepannya. Tentu muaranya adalah keaejahteraan masyarakat seseuai visi misi yang diembangnya” Tuturnya.

Baca Juga:  Kompak Guru MTs Muhammadiyah Songing

Menelisik lebih jauh, anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Bulutellue tahun ini (2022) sekitar Rp 800 juta dan Dana Desa (DDS) sekitar Rp 900 juta.

“Intinya pemggunaan anggaran desa transparan dan tetap mengaju pada aturan yang ada. Serta melibatkan masyarakat mulai dari tahap pengusulan sampai pada pelaksanaannya” Bebernya, sambil ditambahkan, Desa Bulutellue memiliki penduduk kurang lebih 300 jiwa dengan mata pencaharian pertanian.

Baca Juga:  Transparan Anggaran Kelurahan Samataring

Lebih jauh dikatakan, pemulihan ekonomi terus berlanjut ditengah bencana non alam (Pandemi Covid 19) terus berlanjut. Tercatat tahun ini sekitar 107 KK, mendabatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari anggaran dana desa. Sudah terealisasi tiga Bulan dengan jumlah bantuan Rp 300.000,- /KK setiap bulannya.

Selain itu, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dinilainya berjalan dengan baik. Serta memberi kontribusi positif terhadap masyarakat. Salah satu unit usaha adalah penggemukan ternak ( Sapi) berjalan sesuai harapan.

“Tahun lalu (2021) kita gelontorkan sekitar Rp 90 juta ke Bumdes. Kegiatannya penggemukan sapi” Kuncinya.(Ilham Fajar)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *