Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Sukses MUSDES Ameroro

  • Bagikan

SULTRA, nuansainfonews.com  -Pemerintah Desa Ameroro melangsungkan kegiatan musyawarah Desa (Musdes) perubahan APBDesa tahun 2022, bertempat di gedung serbaguna Desa Ameroro kecamatan Tinondo kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara, Selasa sore 6 September 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri Pemerintah Kecamatan Tinondo beserta staf dan jajarannya termasuk pemerintah Desa Ameroro dan warga setempat.

Diketahui pengelolaan anggaran dana desa tahun 2022 terfokus pada setiap kegiatan desa mengacu pada aturan dan ketentuan UUD berlaku.

Tahun 2022 ini, penggunaan dana desa sangat jelas peruntukannya yakni 40% untuk BLT 8% untuk penanganan tanggap darurat bencana non alam ( covid-19) selebihnya untuk Ketahanan pangan dan pembayaran insentif kader-kader seperti kader kesehatan dan kader lainnya. Ungkap Rusman Pendamping Desa.

Terkini, kata Rusman, diketahui pengelolaan anggaran telah terealisasi seperti di jelaskan sekertaris Desa Ameroro. Maka pada perubahan APBDesa ini akan dilakukan perubahan terpusat pada anggaran 8%. Di samping itu terkait covid-19 sudah dapat dikatakan bahwa ameroro ini sudah dalam keadaan membaik (non covid-19).

Oleh sebab itu perubahan APBDesa mengacu pada anggaran 8% . Yang akan di sepakati melalui “Musdes” hari ini, imbuh Rusman, menggunakan pengeras suara.

Baca Juga:  Cakades Baru Sinjai Paparkan Visi Misi

Diharap kepada pemerintah Desa Ameroro setelah ada hasil kegiatan Musdes, agar secepat mungkin merealisasikan program kegiatan dimaksud. “Semoga dapat berjalan dengan lancar”.

Mengingat Rencana Kegiatan Pemerintah Desa RKPDesa Tahun 2023 sebentar lagi akan dibahas. “bulan ini dipastikan akan digelar pembahasan RKPDesa melalui Musdes. Demikian harapan Rusman.

A. Hasanuddin Kades Ameroro senada dengan, H. Ahmad, S.Pd., M.Si, menerangkan bahwa terdapat satu item pekerjaan dapat terealisasi melalui anggaran perubahan APBDesa 8%. Yakni pembangunan drainase berlokasi di dusun satu tempatnya area pasar “jalan perlintasan pemukiman warga”,.

Camat Ahmad meyebut bila perencanaan tersebut disepakati maka akan dialokasikan anggaran 8%. “Pada kegiatan nantinya tetap melibatkan elemen masyarakat”, imbuhnya .

Kendati demikian, laporan realisasi serapan anggaran dan program kegiatan desa Ameroro diketahui secara terang dan terinci melalui pemaparan sekdes Ameroro.

Anggaran dana desa 40% pada penyaluran bantuan langsung tunai ( BLT -DD) sudah terealisasi.
Penyaluran tiga tahap artinya penyaluran selama 9 bulan, sisa satu tahap belum tersalurkan “sisa 3 bulan lagi”.
“Sebanyak 95 kepala keluarga (KK) penerima BLT (40%)”, terang Marwatia, Sekdes Ameroro.

Baca Juga:  Patalassang Gempur Prekonomian Warga

Pengelolaan anggaran ketahanan pangan digunakan pada kegiatan pembangunan infrastruktur jalan tani terletak di dusun 1, dusun 3 dan dusun 5 dengan total anggaran Rp170.699,000,-. Tahapan realisasi mencapai 80% ” tinggal dirapikan”, secepatnya akan rampung.

Untuk pembayaran insentif kader-kader seperti Tenaga pendidikan TK PUAD tenaga kesehatan telah terealisasi selama delapan bulan.

Kendati, anggaran 8% “Marwati”, meyebut sebesar Rp6.500.000,- telah dibelanjakan untuk pengadaan masker. “Pengadaan masker sebesar Rp6.500.000,- . Sisa anggaran 8% tahun 2022 sebesar kurang lebih Rp.61.700.000,-

“Inilah yang rencananya akan digunakan untuk pembangunan drainase sesuai pedoman berdasarkan hasil Musdes perubahan APBDesa hari ini”, ungkap Marwati saat membaca laporan penggunaan anggaran 2022.

Lebih lanjut diketahui dengan gamblang, pengelolaan anggaran pemerintah Desa Ameroro tahun 2021, terdapat Silva anggaran sebesar Rp51.000.000,-

Perlu diketahui menurut warga, Peruntukan dan realisasi serapan anggaran belum rampung. Kata warga di forum Musdes. “Belum rampung” katanya. Mengapa?.

Baca Juga:  Syahrul Paesa Nahkodai Desa Lamatti Riaja

Pasalnya, meski rabat beton telah terealisasi melalui anggaran tersebut akan tetapi khusus untuk pengadaan barang dan jasa untuk fasilitas Sekolah PAUD belum terealisasi sepenuhnya.
Kedua jenis kegiatan tersebut dialiri Silva anggaran 2022
Demikian pula ungkapan “Marwati” lebih lanjut terkait Silva anggaran 2021.

Silva Rp51.000.000,- Digunakan untuk pembangunan Rabat beton berlokasi di dusun undolo, dan pengadaan kebutuhan fasilitas pendidikan sekolah PAUD “sementara segera terealisasi”, demikian laporan Marwati,S.Pd terkait Silva anggaran 2021.

Pantauan sniperjurnalis.com Kegiatan Musdes Perubahan APBDesa Tahun 2022 berjalan dengan lancar.

Perubahan APBDesa 8% disepakati bersama untuk pengadaan masker Rp6.500.000-, biaya nakes Rp5000.000,- dan sisanya untuk pembangunan drainase di lokasi area pasar “senada” ungkapan camat Tinondo, H. Ahmad, S.Pd.,M.Si.

Kendati demikian dalam kegiatan tersebut turut terbahas dua sumber PAD Desa Ameroro yakni melalui pengelolaan Pasar Desa Ameroro dan Bumdes Ameroro, serta laporan pertanggungjawaban Bumdes. (bersambung)

Penulis: Supriadi Buraerah

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *