Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Pembangunan Drainase Kelurahan Samataring Berdayakan Masyarakat

  • Bagikan

SINJAI, nuansainfonews.com – Semuanya beranjak dari “nawaitu” memajukan daerah yang dipimpinnya. Sosok srikandi “Bumi Panrita Kitta” yang satu ini adalah Kurniati, S. Ip, M. Si, Lurah Samataring, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulsel, gencar menyukseskan “segunduk” program pembangunan. Korelasinya, melibatkan semua unsur terkait lebih-lebih masyarakat turut andil dalam berbagai kegiatan.

“Kegiatan pembangunan melibatkan masyarakat mulai dari pengusulan sampai pada tahap pelaksanaan. Kita tidak ragukan kualitas disetiap pekerjaan karena yang mengerjakan adalah juga pemakainya sendiri (Masyarakat setempat red” Tutur salah seorang warga saat bincang-bincang dengan media ini disekitar lokasi pembangunan drainase, 17 September 2022.

Baca Juga:  Penjabat Kepala Desa Talle Beberkan Potensi Desa

Lanjut dikatakan pekerjaan fisik kelurahan Samataring dinilainya transparan. Disetiap titik kegiatan dipasang papan angggaran sebagai bentuk transparansi publik demi memudahkan pengawasan dari semua pihak termasuk masyarakat melakukan pengawasan melekat.

“Untuk kegiatan fisik yang sumber dananya dari anggaran kelurahan sudah tahap finishing” Jelasnya.

Sebelumnya, Kurniati, S. IP, Lurah Samataring didampingi, Seklu, Alamasyah, mengatakan tahun ini ada 3 titik pembangunan fisik. Dimana dalam pelaksanaannya memberdayakan masyarakat setempat.

Baca Juga:  Transparan Anggaran Kelurahan Samataring

“Kita bangun 3 titik drainase anggaran kelurahan tahun ini (2022). Ini berdasarkan usulan masyarakat dan pelaksananya adalah warga setempat” Ujar Kurniati.

Selain kegiatan fisik, juga dilaksanakan kegiatan lainnya seperti pelatihan kader posyandu yang bekerja sama dengan pihak Dinkes Sinjai dalam hal ini Puskesmas Samataring. Sedangkan untuk pembinaan kader PKK bekerja sama dengan pihak PKK kabupaten.

“Sasaran kegiatan kami ini peningkatan kesejahteraan masyarakat lewat pembinaan kelompok perempuan di masing-masing Lingkungan” Terangnya.

Baca Juga:  Hj. St. Roslan,Us, S. Pd, Mengabdi Sampai Muara

Alamsyah menambahkan, Kelurahan Samataring mendapat gelontoran anggaran sekitar Rp 780 juta anggaran tahun 2022.

“Itu total anggaran yang ada sudah termasuk kegiatan fisik serta kegiatan operasional dan pemberdayaan” Ungkapnya.

Lebih jauh Alamsyah menyampaikan adanya wacana budidaya kepiting kedepannya. Sebagai bentuk inovasi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Ada potensi budidaya kepiting diharapkan menambah pundi-pundi penghasilan warga” Harapnya, sambil ditambahkan, kelurahan Samataring memiliki penduduk sekitar 3476 jiwa yang tersebar di 5 Lingkungan. ( Ilham Fajar)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *