Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Smart School Pemprov Sulsel Disambut Antusias Siswa

  • Bagikan

SULSEL, nuansainfonews.com – Terlepas dari proses pengadaan TV Smart dan tambahan peralatan sempat digoyang isu. Terobosan smart school Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan dibawa nahkoda sosok gubernur cekatan dan cendikiawan adalah Andi Sudirman Sulaeman, di bidang pendidikan disambut antusias warga sekolah.

Banyak pihak menyebut pembelajaran online melalui media TV smart bisa mengangkat “marwah” pendidikan di Sulawesi Selatan kedepannya. Ada semangat baru pada model pembelajaran tersebut mengusir “kejenuhan” siswa lewat pemanfaatan kemajuan tekhnologi (pembelajaran live red) melalui TV Smart.

“Banyak hal dan keunggulan yang kami dapat dengan adanya pembelajaran online TV smart. Kami lebih bersemangat belajar karena pembelajarannya live” Ungkap Rizal Mubarok Siswa Kelas 12 IPS 3, UPT SMA Negeri 3 Sinjai, Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai, saat wawancara singkat oleh media ini, Rabu 21 September 2022.

Menelisik lebih jauh, program smart school dilatari atas pemerataan pendidikan diseluruh kabupaten/kota di Sulsel. Merupakan program andalan Pemprov Sulsel “menebes” ketertinggalan kualitas pendidikan. Yang mana muarahnya agar siswa-siswi lebih banyak lagi kedepannya bisa masuk di perguruan tinggi terkemuka yang ada di Sulsel maupun di luar Sulsel.

Baca Juga:  Eksis SD Negeri 42 Bikeru Sinjai

“Ini salah satu upaya Pemprov. Sulsel dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi selatan, agar kedepan anak-anak kita lebih banyak lagi bisa terserap di perguruan tinggi ternama” Tutur Ali Musa, Kepala UPT SMA Negeri 3 Sinjai.

Hanya saja lanjut Ali Musa menyebutkan, masih ada kendala perlu pembenahan kedepannya termasuk “sinyal” masih biasa saat pembelajaran berlangsung gambarnya tiba-tiba hilang. Menjadi PR kedepannya agar  TV smart bantuan Pemrov lebih maksimal penggunaannya.

“Semuanya kita gunakan dari 4 TV Smart yang kami terima. Dan ada roster pembelajaran dari Dinas Pendidikan Provinsi setiap minggunya penyesuaian jadwal” Jelasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kaharudin, Wakasek Kurikulum SMA Negeri 3 Sinjai. Bahwa pembelajaran online melalui media TV smart dampak positifnya sangat besar buat siswa-siswi. Karena bisa mendapatkan pelajaran dari sejumlah guru potensial yang sudah dilatih khusus.

“Metode pembelajarannya dapat menambah wawasan kami para guru” Sebutnya, tanpa bermaksud menafikan kehebatan para rekan tenaga pengajar yang ada disekolahnya juga punya keunggulan lainnya. Termasuk adalah penerapan pembelajaran metode karakter melekat (Pembelajaran tatap muka red).

Baca Juga:  Pelatihan Model-Model Pembelajaran Diknas Sinjai Menuai Pertanyaan?

Sementara, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev, Plg, Kadisdik Sulsel, diminta tanggapannya seputar smart school secara gamblang menjelaskan, tujuan utama dari smart school adalah meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan kualitas serta pemerataan hasil pembelajaran di Sulsel. Melalui penyediaan standar input dan proses pendidikan yang relatif sama antar satuan pendidikan.

“Dengan smart school maka para siswa akan bisa juga menikmati layanan proses pembelajaran dari studio dari guru yang sama metode pembelajaran yang sama, dengan kurikulum yang sama, modul yang sama, bahan tayang yang sama, video pembelajaran yang sama, bank soal yang sama, serta cara menyelesaikan soal mapel jitu seperti yang diajarkan di bimbel selama ini. Dengan cara ini, maka peluang peserta didik untuk bisa terserap ke Perguruan Tinggi yang berkualitas akan lebih besar” Papar Kadisdik.

Dilain sisi, banyak juga mengusulkan untuk memperbaiki pendidikan secara merata bisa ditempuh melalui peningkatan SDM tenaga pengajar secara merata (Bukan hanya guru di pusat ibukota Provinsi red). Lewat pelatihan peningkatan kompetensi para tenaga pengajar secara menyeluruh.

Baca Juga:  Memukau UPTD SMP Negeri 37 Sinjai

Menurutnya yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah pembentukan moral dan karakter siswa. Dimana hal ini akan dicapai lewat pendidikan tatap muka karena dalam prosesnya ada  pengajaran karakter melekat.

“Kalau anggaran smart school digunakan untuk menggenjot SDM tenaga pengajar maka hal ini bisa menghasilkan mutu pendidikan yang tidak kalah hebatnya dengan smart school. Yang penting ada pemberlakukan merata antara tenaga pendidik di kota dan di pelosok saya rasa kedepan dunia pendidikan semakin berkualitas. Kita ini tidak kekurangan orang pintar, namun demikian tentunya moral generasi muda itu kata kunci perjalanan bangsa ini kedepannya. Pembelajaran tatap muka didalamnya ada pendidikan karakater melekat dari sosok para guru. Karena karakter itu ruhnya adalah keteladanan” Urai salah seorang pemerhati pendidikan, tanpa bermaksud membandingkan pembelajaran tatap muka dan live smart school . (Yusuf Buraerah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *