Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Sirkuit Gareccing Siap Sambut Kontingen Porprov

  • Bagikan

SINJAI, nuansainfonews.com – Sebagai tuan rumah bersama Poprov Sulsel, ke XVII Oktober 2022 Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bulukumba “geliat” mempersiapkan sarana-prasara yang akan ditempati para atlet unjuk kebolehan menjadi yang terbaik. Tersebutlah misalnya Sirkuit Gareccing, Desa Gareccing, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulsel. Siap menyambut kontingen Cabor Balap Motor dari Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan.

Cukup “alot” persiapan untuk Cabor yang satu ini (Balap Motor red) memaksimalkan anggaran sekitar Rp 1, 4 Miliyar dari estimasi anggaran sekitar Rp 3 Miliyar. Jelas ada “pertanyaan” mencuat kepermukaan atas pekerjaan disana yang pada intinya, biangnya adalah keterbatasan anggaran.

“Yang diusulkan sekitar Rp 3 Miliyar, namun yang disetujui hanya sekitar Rp 1, 4 Miliyar direalisasikan untuk penambahan lebar lintasan dengan volume 2 x 1200 Meter” Ungkap Andi Asrul PPK Perbaikan Sirkuit Gareccing.

Merunut, persiapan arena balap motor memang ada peluang munculnya “riak” dimana teriakannya ada pada aspal lama tidak termasuk pada item pekerjaan dari anggaran tersebut. Namun demikian pihak pelaksana (kontraktor red) tetap melakukan pembenahan sebagai bentuk tanggung jawab moral.

Baca Juga:  Rombongan Pinrang Apresiasi Lapangan Gateball Sinjai

“Ada beberapa masukan untuk dibenahi tapi pada dasarnya masukan itu bukan bagian dari pekerjaan kontraktor. Karena posisinya perbaikan dari aspal lama. Insya Allah kontraktor siap melakukan perbaikan sebagai bentuk sumbangsi” Jelas Andi Asrul, membeberkan hasil kunjungan Delegate Cabang Olahraga Balap Motor, Porprov ke XVII, Selasa 27 September 2022.

Rentang diplintir perbaikan lintasan aspal lama merupakan sumbangsi kontraktor (kegiatan tersebut tidak termasuk item pekerjaan red). Perlu diketahui bersama pembenahan yang dilakukan tidak termasuk menyalahi waktu pelaksanaan.

“Itu bukan bagian pekerjaan kontraktor. Kita wanti-wanti jangan sampai saat dikerjakan nanti ada lagi menggiring kontraktor melebihi wakru kontrak. Insya Allah akan kita kawal demi sukseskan perhelatan Poprov” Tegasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil disadap media ini Tim Delegate Cabor Balap Motor, Adifar Hakim, tiba di Sirkuit Gareccing sekitar pukul 4:20, Selasa, 27 September 2022. Didampingi oleh Pihak KONI Sinjai, PUPR Sinjai, Dispora Sinjai, Panitia lokal, dan pihak kontraktor.

Baca Juga:  Porprov Sulsel Ke XVII Resmi Dibuka

Menarik ulur, proyek sirkuit sempat mendapat sorotan sebagaimana dimuat oleh salah satu media online. Atas adanya postingan foto disalah satu pengguna Facebook. Yang faktanya adalah foto tersebut merupakan foto saat pekerjaan sementara berlangsung masih progres 70 persen.

“Itu foto lama saat pekerjaan masih progres 70 persen” Uangkap Andi Asrul.

Berdasarkan pantauan media ini (26/9/22) nyata saja keadaan sebagai mana dalam foto tersebut tidak ditemukan di lokasi. Aspal baru (item pekerjaan kontraktor) sudah terealisasi. Meski di badan lintasan sebelah kiri dari pintu masuk perlu pembersihan (Banyak krikil di badan aspal dan kotoran ternak).

Di hari yang sama, pihak DPRD Kabupaten Sinjai juga sempat melakukan kunjungan di arena balap motor tersebut. Adalah Andi Jusman bersama rekannya, melakukan pantauan menggunakan motor NMAX di arena itu. Sebelum memberikan masukan kepada pihak pelaksana untuk.melakukan perbaikan disejumlah titik.

“Ada masukan dari pihak DPR setelah berkunjung kesana. Masih ada perlu diperbaiki tapi itu posisinya di aspal lama dan kita akan perbaiki demi mensukseskan pelaksanaan Poprov” Sebut Asrul.

Baca Juga:  Sukses Turnamen Sepak Takraw BBS Cup 1 Sinjai

Tidak bermaksud membandingkan, hanya saja ada realita perlu diketahui bersama atas anggaran masih minim dalam pembenahan Sirkuit Gareccing. Hingga pembenahannya hanya penambahan lebar sekitar 2 x 1.200 Meter. Dimana dua tahun lalu (2020 ) Sirkuit di Kabupaten Pangkep dibenahi sekitar 200 meter dengan anggaran sekitar Rp 500 juta.

“Estimasi dengan panjang 1.200 x 8 Meter itu sekitar Rp 3 Miliyar” Pungkas sumber enggan ditulis jati dirinya.

Sekedar diketahui, setelah adanya tambahan lebar 2 Meter saat ini arena balap motor Gareccing yang dibangun pada era pemerintahan Almarhum Andi Rudiayanto Asapa (mantan Bupati Sinjai dua periode) volume keseluruhan (Aspal lama dan Aspal Baru red) 8×1.200 Meter.

Masih rangkaian mensukseskan Poprov Sulsel, Cabor Balap Motor disiapkan 40 pondokan, masing-masing 20 pondokan di Desa Gareccing dan 20 Pondokan di Kelurahan Sangiaseri, Sinjai Selatan.

“Ada 40 Pondokan disiapkan” Ujar A. Akmal, SE, Lurah Sangiaseri.

( Yus)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *