Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Kirab Pelajar Andalan Pelepasan Di Bumi Panrita kitta

  • Bagikan

SINJAI, nuansainfonews.com – Memanfaatkan berbagai momen menakar pendidikan berkualitas di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Bukan sekedar “isapan jempol” melainkan ada gebrakan nyata Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel.

Momen hari jadi Sulsel ke-353 tahun 2022 diwarnai “Kirab Pelajar Andalan” melibatkan SMA/SMK dan sederajat di semua kabupaten/kota se-Sulsel. Seperti halnya “Bumi Panrita Kitta” sebutan lainnya Kabupaten Sinjai, turut andil dalam acara “Kirab Pelajar Andalan” tersebut.

Berdasarkan informasi yang berhasil disadap media ini, pelepasan Kirab Pelajar Andalan oleh Drs. Alimusa, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Sinjai, bertempat di depan Tribun Lapangan Sinjai Bersatu, Minggu 9 Oktober 2022, sekitar pukul 07.15 Wita.

“Pelepasan di depan Tribun Lapangan Sinjai Bersatu, oleh Drs. Alimusa Ketua MKKS Sinjai. Dari Cabang Dinas Wilayah V menjemput di Bikeru, Kecamatan Sinjai Selatan (SMA Negeri 2 Sinjai) kemarin dan perbatasan Sinjai – Bulukumba” Ungkap Syamsul Alam Hidayat, S.Pd, M.Pd, Kordinator Lapangan Kirab Pelajar Andalan Kab. Sinjai, Senin 10 Oktober 2022, sehari setelah acara pelepasan.

Baca Juga:  SD Negeri 166 Taruncue Terapkan Kurikulum Mandiri Berubah
Drs. Syamsul Alam Hidayat

Menelisik “Kirab Pelajar Andalan Sulsel” menggempur karakter, tanggung jawab, saling menghargai sesama pelajar. Menjadi wadah silaturahmi memupuk persaudaraan antara pelajar khususnya di Kab. Sinjai dan Sulawesi Selatan pada umumnya.

“Kirab Pelajar Andalan sangat bermanfaat bagi pelajar kita dalam menumbuhkan karakter, tanggung jawab, saling menghargai sesama pelajar dan yang terpenting wadah silaturahmi dalam memupuk persaudaraan antar sesama pelajar di Kabupaten Sinjai khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya” Beber Syamsul Alam Hidayat yang juga merupakan Plt. Kepala UPT SMA Negeri 1 Sinjai.

Hal senada diungkapkan oleh Syamsurijal, Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Wilayah V (Lima). Menurutnya, kirab pelajar andalan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Sulsel yang ke-353.

“Hari ini pelepasan dari Sinjai menuju Bulukumba, begitu pula yang dari Selayar Insya Allah sore sebentar kedua rombongan akan diterima di Bulukumba, tepatnya di SMAN 1 Bulukumba, masing-masing, kabupaten 10 pasukan utama dan 20 pasukan pendamping, diiringi juga oleh masing-masing kepala UPT dan juga darma wanita” Ungkapnya kemarin, (9/10/2022).

Baca Juga:  Geliat SD Negeri 166 Taruncue Ciptakan Siswa Berkualitas

Menarik ulur, terpantau media ini nampak ratusan siswa-siswi dari SMA/SMK, sederajat se- Kabupaten Sinjai berjalan pada acara pelepasan di UPT SMA Negeri 2 Sinjai (Eks. SMA Negeri 1 Sinjai Selatan). Rute jalan persatuan raya Bikeru ke Kabupaten Bulukumba.

“Ada 30 pelajar berprestasi untuk Kabupaten Sinjai. Ini sementara acara pelepasan diikuti seluruh SMA/SMK dan sederajat se-Kabupaten Sinjai, menuju Kabupaten Bulukumba” Ungkap Drs. Sunardi, Kepala UPT SMA Negeri 9 Sinjai, saat bincang-bincang dengan media ini disela rombongan kemarin pagi saat melintas di Jln. Persatuan Raya Bikeru.

Runtut, kegiatan Kirab Pelajar Andalan merupakan salah satu rangkaian peringatan hari jadi Sulsel ke-353 tahun 2022 ini. Ada harapan agar hari jadi Sulsel tidak hanya dirayakan di Makassar, Ibukota Provinsi tapi juga semua kabupaten/kota se-Sulsel harus terasa resonansinya.

“Dengan Kirab Pelajar Andalan ini, selain sebagai bentuk upaya menggalang persatuan dan kesatuan sebagai putra putri Sulsel yang harus tumbuh dan berkembang bersama dalam suasana yang harmonis, menyatu dan saling menguatkan menuju kejayaan Sulsel, juga sebagai bentuk apresiasi terhadap pemerintah kabupaten/kota yang telah berkontribusi membesarkan dunia pendidikan menengah di Sulsel dan terutama sekali sebagai bentuk apresiasi terhadap putra-putri pelajar se-Sulsel yang telah menunjukkan kinerja dan prestasi pendidikan selama mereka Sekolah” Papar, Dr. Setiawan Aswad, M. Dev, Plg, Kadis Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sulawesi Selatan. Saat dimintai tanggalannya seputar kegiatan Kirab tersebut.

Baca Juga:  Suka Duka Kepala UPTD SMP Negeri 2 Sinjai

Secara gamblang Setiawan Aswad menyebutkan, puncak dari kirab pelajar ini adalah semua perwakilan pelajar berprestasi, bersama-sama dengan seluruh ketua OSIS, SMA,SMK Negeri dan Swasta se-Sulsel dan akan diterima dan bersilaturrahmi dengan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel. Setelah finis pada tanggal 15 Oktober 2022 di Lapangan Karebosi Makassar.

“Peserta Kirab terdiri dari pasukan inti yaitu 10 perwakilan pelajar berprestasi setiap kabupaten/kota, plus pasukan pendamping di setiap kabupaten/kota. Dan pada setiap kabupaten/kota, pasukan akan dilepas oleh Bapak Bupati/Walikota se-Sulsel” Kuncinya. (Yusuf Buraerah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *