Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Sasaran Anggaran Desa Kalobba Sentuh Dua Titik Infrastruktur

  • Bagikan

Makmur, S. Ag, Sekretaris Desa Kalobba

SINJAI, nuansainfonews.com – Pemerintah desa merupakan garda terdepan untuk memunculkan berbagai gebrakan dalam mensejahterakan masyarakat dan sebagai penggerak roda pembangunan demi kelancaran dalam bermasyarakat.

Desa Kalobba yang tepatnya berlokasi Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai, Sulsel, memiliki segudang gebrakan demi mensejahterakan masyarakatnya, sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa Taufik S. S, M.si sebagai kepala desa, memunculkan kampung literasi sebagai wadah untuk meningkatkan taraf pendidikan di Desa Kalobba.

Senin 17 Oktober 2022, Makmur S. Ag selaku sekertaris Desa Kalobba membeberkan besaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun ini (2022) ketika awak media ini bincang bincang di salah satu bilik pelayanan masyarakat Desa Kalobba.

Baca Juga:  Kolaborasi Semua Pihak Jaga Kamtibmas Di Kecamatan Tellulimpoe

“Jadi untuk tahun ini DD Rp 1.074 . 000.000., dan ADD Rp. 800.000.000” bebernya sambil senyum hangat kepada awak media.

Ketika di tanya tentang sasaran alokasi dana desa tersebut dia (makmur red) menguraikan secara gamblang, untuk tahun ini kegiatan fisik belum ada yang jalan dan masih dalam rana perancangan (masuk dianggaran perubahan desa red). Ada 2 titik nantinya yang akan di laksanakan yaitu rabat dengan anggaran Rp 149 Juta lebih dan telford dengan anggaran Rp 115 juta lebih.

Baca Juga:  Desa Panaikang Sinjai Zona Merah

Lanjut diuraikan untuk tahun ini sasaran juga merujuk ke tahatahanan pangan dengan sarana jalanan pertanian, BLT DD dengan total 131 keluarga penerima manfaat dari 1000 lebih Kepala Keluarga (KK), dan kegiatan pemberdayaan siap- siagaan tanggap bencana desa. Dan dia tambahkan bahwa untuk BLT BBM bulan 9 menyasar sebanyak 41 KPM.

“Ronda Bumil merupakan program tambahan untuk tahun ini yang program tersebut untuk mencegah Stunting, dan ada juga Rukun kematian sebagaimana kita akan mengurus jenasah dari penguburan sampai tausiyahnya”ucap Rusdi yang merupakan salah satu aparat Desa Kalobba.

Baca Juga:  Sosok Pemuda Tangguh Pimpin Desa Palae

Dan perlu diketahui bahwa ketika awak media ini berkunjung ke Desa Kalobba, bapak kepala Desa tidak berada di kantor Desa. (ILHAM FAJAR)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *