Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Bulukamase Raih Gelar Desa Mandiri

  • Bagikan

Umar, S. Sos

SINJAI, Nuansainfonews.com – Patut diapresiasi capaian, Desa Bulukamase, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulsel, atas raihan gelar sebagai salah satu desa mandiri. Jelas capaian tersebut berawal dari “segunduk” giat sang Kades adalah Umar, S. Sos, bersama jajarannya dan tidak lepas dari peranan seluruh masyarakat dan unsur terkait lainnya.

“Kita sangat mengapresiasi kerja keras Pemdes (Pemerintah Desa) Bulukamase saat ini sudah menjadi salah satu desa mandiri di Kabupaten Sinjai” Ungkap sejumlah sumber media ini, Kamis 10 November 2022.

Sebelumnya, Umar, S. Sos, Kades Bulukamse, secara gamblang mengatakan, dengan adanya peningkatan status desa yang dipimpinnya menjadi salah satu desa mandiri menjadi “cambuk” kedepannya untuk terus melakukan berbagai gebrakan. Potensi desa akan terus dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat, termasuk wisata alam air terjun Bijje di dusun Topangka sementara tahap pengembangan.

Baca Juga:  Pergantian Jitu Luis Milla yang Mengantar Indonesia ke Semifinal

“Tahun ini (2022) desa kami masuk sebagai salah satu desa mandiri. Capaian ini tentunya setelah terpenuhinya berbagai kategori salah satunya tingkat keamanan. Capaian ini berkat kerjasama dan kerja keras semua unsur terkait dan dukungan penuh oleh masyarakat. Ini menjadi motivasi tersendiri buat saya, dan teman-teman aparatur untuk lebih giat lagi mengembangkan dan memaksimalkan semua potensi yang ada. Saat ini kita sudah kembangkan salah satu destinasi wisata air terjun Bijje. Berdasarkan masukan dari pengunjung, kedepannya kita akan bangun sarana pendukung di sana. Mulai gasebo, kolam dan sarana lainnya” Urainya.

Baca Juga:  UPTD SMP Negeri 2 Sinjai Kian Memukau
Jalan masuk wisata Bijje

Ada daya tarik tersendiri memikat hati akan ditemukan di wisata alam Bijje. Panorama alam menyejukkan hati bagi para pengunjung dapat menikmati lekukan bebatuan air sungai jernih saat musim kemarau, jejeran pepohonan dan air terjun. Akses ke lokasi juga sudah memadai hanya sekitar kurang lebih 200 Meter dari jalan poros Desa Bulukamase.

“Untuk akses Alhamdulillah sudah aman, tinggal kita lengkapi sarana prasarananya sudah kita programkan untuk anggaran desa tahun depan (2023)” Sebutnya. Sambil ditambahkan, desa Bulukamase memiliki 6 dusun dengan jumlah penduduk kurang lebih 3500 jiwa.

Baca Juga:  Menakar Potensi Desa Kaloling

Lanjut dikatakan, tahun ini (2022) pihaknya merealisasikan pembangunan fisik sebanyak 4 paket, antara lain : perintisan jalan 2 paket, pengerasan dan kios pasar. Selain itu sebagian besar anggaran desa digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT DDS) menyasar sekitar 104 Rumah Tangga Penerima Manfaat (RTPM).

“Untuk BLT DDS anggaran tahun ini, sudah terealisasi sampai bulan September” Jelasnya.

Menelisik lebih jauh, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terus digalakkan melalui pelatihan kelompok tani. Bekerjasama dengan BPP Kecamatan Sinjai Selatan. Selain itu dalam hal ketahanan pangan dikembangkan tanaman palawija, kuncinya. (Yusuf)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *