Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

APKASI Audiens Dengan KEDUBES RI Bahas Komoditas Unggulan

  • Bagikan

Nuansainfonews.com – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) bersama para Bupati yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melakukan audiensi dengan Duta Besar RI untuk Belgia, Luxemburg dan Uni Eropa, Andri Hadi di Kedubes RI Brussels, Belgia (2/3/2023)

Dalam audiensi ini membahas potensi ekspor komoditas unggulan Indonesia, produk UMKM dan ekonomi kreatif dalam upaya menggeliatkan kembali perdagangan dan investasi daerah pasca pandemi covid-19.

Baca Juga:  AMJI RI Kabupaten Sinjai Kian Barkibar

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mendapat akses pasar dan jejaring bisnis Internasional, terutama para pelaku bisnis di Eropa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati ASA menjelaskan berbagai potensi, komoditas dan investasi unggulan di berbagai sektor yang dimiliki oleh Kabupaten Sinjai.

“Di Kabupaten Sinjai rata-rata penghasilannya berasal dari pertanian, perkebunan dan perikanan. Kami berharap ekspor ke Eropa betul-betul bisa dilaksanakan. Komoditas unggulan di daerah kami seperti kopi, kakao dan cengkeh saat ini persaingannya cukup sulit,” jelasnya.

Baca Juga:  Job Fair Menyapa Rakyat Sinjai

Lebih lanjut, Bupati ASA berharap pihak Kedubes RI Brussels berkoordinasi langsung dengan Kementerian Pertanian RI terkait sertifikasi ekspor agar memberikan sosialisasi kepada masyarakat desa tentang komponen-komponen standar yang wajib dipenuhi dalam ekspor produk.

Turut hadir Chairman dan Penasehat Benelux Indonesia Association, Johan Lubbe Bakker dan Amb. Chris Tange.

Sebelumnya, Bupati Sinjai bersama para anggota APKASI lainnya beserta jajaran Pemerintah Kabupaten terkait melakukan Executive Short Course on Sustainable Local Economic Development dan Circular Economy pada tanggal 28 Februari-1 Maret di Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS)-Erasmus University, Rotterdam, Belanda. (Humas Kominfo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *