Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Ditengarai Curang Proyek Miliyaran Balai Kementerian PUPR Di Kabupaten Sinjai

  • Bagikan
Pelaateran gedung sudah dikupas SD Negeri 135 Palae

Proyek SD Negeri 135 Palae Tidak Ada Pembesian

SINJAI, nuansainfonews.com – Ada menilai pelaksanaan proyek miliyaran rupiah ditengarai “curang” di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, patut diusut tuntas oleh pihak Aparat Penegak Hukum (APH). Hal ini diungkapkan oleh salah seorang sumber layak dipercaya kepada media ini, Minggu 18 Juni 2023.

Disebutkan, proyek tersebut menyasar satuan pendidikan dengan anggaran sekitar Rp 10.900.000.000, (Sepuluh Miliyar Sembilan Ratus Juta Rupiah), dikerjakan pihak rekanan (Kontraktor red) dalam hal ini CV. Jaya Mandiri Bangunindo.

Ada 6 Sekolah Dasar di Kabupaten Sinjai jadi sasaran dana rehabilitasi, salah satunya SD Negeri 135 Palae, Kecamatan Sinjai Selatan. Anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) balai prasarana permukiman wilayah Sulawesi. Satuan kerja pelakana prasarana permukiman wilayah 1 provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga:  Kapolres Sinjai Datangi TKP Dugaan Pencabulan

“Pelaksanaan kegiatan di SD Negeri 135 Palae saya menduga ada kecurangan perlu diusut” Ungkap Sumber media ini sembari meminta tidak dipublikasikan jati dirinya.

Dibeberkan kondisi bangunan yang direhab disana (Sd Negeri 135 Palae merupakan bangunan lama belum memiliki pembesian (hanya pilar batu bata red). Namun “rancunya” pada pelaksanaan rehab yang ditengarai menelan anggaran ratusan juta rupiah hanya dilakukan pengupasan plasteran bangunan dan dipelasteran ulang tanpa menggati pilar dengan pembesian layaknya kontruksi pada pembangunan/proyek pada umumnya.

Baca Juga:  Desa Palae Sinjai Potensi Dapat Pamsimas

“Tidak ada pembesian hanya pengupasan pelasteran baru dipelasteran ulang. Kusengnya juga tidak dibongkar hamya dicat ulang. Padahal ini anggarannya ratusan juta” Jelasnya.

Selain itu anggaran bangunan untuk pembangunan SD Negeri 135 Palae juga dinilai tidak transparan/tidak ada papan proyek. Dimana yang dipajang adalah papan proyek jumlah anggaran secara keselurahan dari 6 sekolah yang mendapat dana tersebut dengan total kurang lebih Rp 10,9 Miliyar.

“Seharusnya ada papan anggaran khusus untuk anggaran yang digunakan di SD Negeri 135 Palae sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat” Sebutnya terenyuh.

Baca Juga:  PJ Bupati Sinjai Diterpa Isu Tidak Sedap

Misban yang disebut-sebut sebagai pelaksana proyek rehabilitasi SD Negeri 135 Palae yang dikonfirmasi media ini terkait jumlah anggaran rehabilitasi SD Negeri 135 Palae mengaku tidak mengetahui anggaran proyek tersebut. Pihaknya juga membenarkan tidak adanya pembesian proyek ini sudah sesuai RAB.

“Saya tidak tahu soal anggaran. Memang pembesiannya tidak ada dalam RAB silahkan jalan-jalan kesini pak (SD Negeri 135 Palae)” Jawabnya sambil dimatikan sambungan telponnya. (Yusuf Buraerah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *