Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Usut Tuntas Proyek Miliyaran Rupiah Kementerian PUPR Di Sinjai

  • Bagikan

SINJAI, nuansainfonews.com – Ditengarai “curang” berbagai pihak meminta pihak APH mengusut proyek miliyaran rupiah kementerian PUPR Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Selatan. Satuan kerja pelaksana prasarana permukiman Wilayah 1 Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Sinjai.

“Proyek ini menelan anggaran puluhan miliyar dimana dalam pelaksanaannya kami mensinyalir ada kecurangan perlu diusut tuntas” Ungkap salah seorang sumber terenyuh sembari meminta tidak dipublikasikan jati dirinya, Senin 19 Juni 2023.

Secara gamblang dikatakan proyek yang menyasar satuan pendidikan di “Bumi Panrita Kitta” sebutan lainnya Kabupaten Sinjai ini dinilai terkesan tidak transparan. Tidak ditemukan papan proyek anggaran secara detail pada setiap sekolah yang mendapatkan proyek tersebut. Hanya nominal secara keseluruhan dari anggaran yang dipajang.

Baca Juga:  Sinjai Bakal Bangun Dua LPM Tahun Ini
Pelasteran gedung sudah dikupas SD Negeri 135 Palae

 

“Berdaarkan pantauan kami di SD Negeri 135 Palae yang dipajang hanya total anggaran secara keseluruhan proyek yang mencakup 6 sekolah kurang lebih Rp 10.900.000.000,- (Sepuluh Miliyar Sembilan Ratus Juta Rupiah). Tidak ada papan informasi khusus anggaran untuk kegiatan rehab SD Negeri 135 Palae” Ujarnya.

Selain itu pihaknya juga menduga proyek ini tidak direncanakan secara mapan. Dimana bangunan gedung merupakan bangunan tahun 70 an yang tidak memiliki pembesian (hanya pilar batu bata red). Seharusnyaa dalam perencanaannya ada pembesian sebagaimana bangunan gedung pada umumnya.

Baca Juga:  Program Smart School Pemprov Sulsel Digoyang Isu

“Gedung ini tidak ada pembesian, hanya dikupas plasterannya kemudian dipelasteran ulang. Ini tidak menunjukkan adanya kualitas bangunan sangat berbahaya dan rentang rubuh” Terangnya sambil menantang pihak APH melakukan pengusutan.

Kondisi terkini setelah dipelasteran ulang (Kondiai terkini) Senin 19 Juni 2023

Sementara, Misban yang disebut-sebut sebagai pelaksana proyek rehabilitasi SD Negeri 135 Palae yang dikonfirmasi media ini terkait jumlah anggaran rehabilitasi SD Negeri 135 Palae mengaku tidak mengetahui anggaran proyek tersebut. Pihaknya juga membenarkan tidak adanya pembesian proyek ini sudah sesuai RAB.

“Saya tidak tahu soal anggaran. Memang pembesiannya tidak ada dalan RAB silahkan jalan-jalan kesini pak (SD Negeri 135 Palae)” Jawabnya sambil dimatikan sambungan telponnya.

Baca Juga:  Sosok Andi Ilyas Dimata Masyarakat Alenangka

Proyek ini juga menyita perhatian pihak LSM Bersatu Sinjai, akan melakukan penelusuran dan melaporkan secara resmi ke pihak APH.

“Dalam menyikapi proyek yang dianggap curang itu, pihak kami akan melakukan investigasi dan tentunya jika diperoleh temuan yg menyimpang dari RAB, spesifikasi bahan material yang tidak sesuai ketentuan, dan teknis pelaksanaan pekerjaan, jelas akan dilanjutkan proses pemeriksaannya ke penegak hukum di daerah ini” Tutur Nurzaman Rasak, ketua LSM Bersatu Sinjai (Muhammad Yusuf Buraerah, SH)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *