Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Bulukamase Layak Jadi Desa Percontohan

  • Bagikan

Cara Kerja Tim Berantas Hama Babi

SINJAI, nuansainfonews.com – Patut diapresiasi giat Desa Bulukamase berantas hama tanaman (Babi Hutan red). Patut ditiru dan dicontoh oleh desa lainnya demi membebaskan tanaman warga dari gangguan babi hutan.

Desa yang terletak di Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, ini terbukti mampu memerangi binatang pengganggu tanaman warga (babi red) dengan cara sederhana/tidak memerlukan biaya tinggi. Hanya menggunakan bahan racikan dari buah kelapa atau pisang terbukti mengatasi keresahan masyarakat.

“Metode ini baru beberapa bulan kita terapkan namun sudah mulai membuahkan hasil. Sudah banyak babi yang berhasil kita musnahkan” Ungkap Umar, S.Sos Kades Bulukamase saat bincang santai dengan media ini beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Dilengkapi Wastafel, UPT SMA Negeri 12 Sinjai Eksis PTM Terbatas

Pihaknya menargetkan dalam waktu dekat ini sudah tidak ada lagi hama/babi berkeliaran di desanya.

“Tim yang sudah kita bentuk intens melaksanakan tugasnya memasang perangkap. Ini kita pasang jauh dari jangkauan ternak masyarakat. Kita masuk ke dalam hutan dan tempat-tempat yang sering dilalui oleh babi dan kita pasang disitu” Jelasnya.

Secara gamblang dikatakan, kegiatan ini masih merupakan bagian dari peningkatan ekonomi masyarakat. Harus dimulai dari pemberantasan hama tanaman warga, agar hasil pertanian/perkebunan maksimal.

Baca Juga:  Desa Baru Sinjai Kembangkan Madu Trigona

“Hama tanaman (babi hutan) itu merupakan persoalan klasik. Kalau ini mampu kita atasi maka lahan masyarakat bisa memiliki hasil maksimal dan ini salah satu cara kita meningkatkan penghasilan warga” Bebernya.

Ditengah geliat terobosan membrantas hama/babi hutan, Sumber Daya Manusia (SDM) digalakkan melalui pelatihan kelompok tani. Kegiatan jagung percontohan menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat sementara berjalan. Begitupun tanaman jangka pendek lainnya seperti ubi.

Pelarihan Kelompok Tani

“Intinya kita terus melakukan terobosan demi kesejahteraan warga” Sebutnya.

Baca Juga:  SD Negeri 111 Lembang Gogoso Sinjai Miliki Empat Guru Penggerak

Infrastruktur ikut digodok setiap tahunnya. Terbukti tahun ini ada 6 paket pekerjaan fisisk sebagian besar sudah terealisasi.

“Tahun ini ada 6 kegiatan fisik antara lain : Pembangunan tribun olahraga, jalan rabat beton pasar desa, perintisan jalan 3 paket, dan posyandu” urainya, sambil ditambahkan Desa Bulukamase memiliki penduduk kurang lebih 3400 jiwa.

Sekedar diketahui, Desa Bulukamase merupakan salah satu desa di “Bumi Panrita Kitta” sebutan lainnya Kabupaten Sinjai sebagai desa mandiri. (Uc)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *