Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Caleg Tersandung Narkoba Ditengarai Kelabui Petugas

  • Bagikan

Ket. Foto Ilustrasi

SINJAI, nuansainfonews.com – Banyak berharap lolosnya inisial KM sebagai Caleg di “Bumi Panrita Kitta” patut diusut tuntas. Namun demikian, mengusutnya bagai mengurai benang “kusut”. Perlu kejelian, kehati-hatian agar tidak ada pihak tercederai.

Berdasar sumber terkini yang berhasil disadap media ini mengatakan, lolosnya KM sebagai Caleg ditengarai ada petugas kecolongan (dikelabui red) saat proses pengurusan berkas persyaratan pencalonan.

“Akar permasalahannya adalah proses pengurusan berkas. Lihai ini KM dalam kelengkapan berkas, mendapatkan keterangan bebas narkoba sebagai salah satu persyaratan Bacaleg. Saya menduga dia (KM) kelabui petugas” Sebutnya Lamacapila terenyuh, nama sumber media ini disamarkan namanya, Selasa 28 November 2023.

Baca Juga:  Lawyer Ibukota RI Asal Bumi Panrita Kitta Bakal Ramaikan Pemilu 2024

Lanjut Lamacapila mengatan, pihak KPU Kabupaten Sinjai tidak ada alasan untuk tidak meloloskan KM sebagai Caleg karena administrasinya persyaratan terpenuhui (lengkap red).

“Intinya KPU sudah bekerja maksimal sesuai tupoksinya. Yang mengusung itu rana DPPnya (Partai bersangkutan red)” Tegasnya.

Sementara, ketua KPU Kabupaten Sinjai, Muhammad Rusmin, menanggapi sejumlah terbitan media ini terkait pemberitaan adanya Caleg disinyalir narkoba lolos sebagai Daftar Caleg Tetap (DCT) mengatakan, sudah bekerja sesuai prosedur dan aturan yang ada.

“Yang pastinya kami hanya memverifikasi dokumen yang diupload DPP melalui Sipol (Sistem informasi partai politik), silahkan komunukasi dengan DPPnya yang bersangkutan asal muasal kelengkapan administrasi calon, karena kami hanya memverifikasi berkas yang dikirim melalui Sipol dan caleg tidak mendaftar sendiri-sendiri tapi mereka kolektif lewat DPPnya masing-masing” Urainya.

Baca Juga:  Dikenang Pengabdiannya, Dokter Hj. Felicitas R. Asapa Menuju DPR RI

Pihaknya secara gambalang menyebutkan, soal adanya pengunduran sejumlah Caleg dari partai PAN sebagai bentuk protes lolosnya KM sebagai DCT merupakan bukan masalah kinerja KPU Sinjai melainkan protes tersebut ditujukan kepada DPP Partai Amanat Nasional (PAN). Makanya itu pengunduran diri masing-masing Caleg tersebut ditujukan kepada DPP PAN.

“Pengunduran diri mereka itu ke DPPnya bukan ke KPU” Tegas Muhammad Rusmin.

Baca Juga:  Lolosnya Caleg Tersandung Narkoba, Benarkah Bukan Rana KPU

Senada pernyataan Muhammad Rusmin, Ketua KPU Sinjai, sebelumnya, Awal anggota KPU Sinjai Ketua Devisi Teknis Penyelenggara menyebutkan, prosedur pendaftran Caleg adalah kewenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai. Mengusung dan mendaftarkan ke KPU hanya bertanggung jawab pada kelengkapan dokumen/berkas.

“Prosedur pendaftaran caleg itu dilakukan oleh DPP partai dan Caleg tersebut secara dokumen persyaratan memenuhi syarat, KPU kabupaten itu hanya bertanggung jawab untuk memastikan semua dokumen yang diupload/didaftarkan oleh DPP sudah sesuai/sudah benar” Bebernya. (Yusuf Buraerah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *