Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Kadinkes Sinjai Sebut Pencairan Dana Kapitasi Lancar

  • Bagikan

dr. Emmy, Kadinkes Sinjai

SINJAI, nuansainfonews.com – Dana kapitasi dikabarkan “mandek dan rentang diselewengkan”. Ditanggapi secara bijak oleh dr. Emmy, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu 29 November 2023.

Pihaknya mengakui dana Kapitasi selama ini lancar dan sudah terserap sekitar Rp 12 Miliyar lebih terhitung mulai Januari s/d November 2023.

Baca Juga:  Jeritan Warga Menanti Pembayaran Utang Makan Minum Pemkab Sinjai

“Dana insentif yang mandek. Kalau kapitasi itu anggaran pusat lancar dan sudah terserap sekitar Rp 12 Miliyar dari total anggaran sesuai jumlah peserta yang menjadi sasaran Kapitasi sekitar Rp 16 Miliyar. Jadi tidak benar kalau ada mengatakan dana Kapitasi rentang diselewengkan karena pos-pos penggunaannya sangat jelas” Ungkapnya.

Lanjut disebutkan, dana Kapitasi untuk tiap-tiap Puskesmas (PKM) yang ada di Kabupaten Sinjai bervariasi. Tergantung jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang menjadi sasarannya. Dan jumlah dokter, serta tenaga kesehatan.

Baca Juga:  Polres Sinjai Gelar Syukuran

“Ada 16 PKM, beda-beda jumlah Kapitasinya karena ada beberapa faktor mempengaruhi, termasuk jumlah dokter, jumlah tenaga kesehatan, jumlah JKN yang menjadi sasaran” Ujarnya.

Secara gamblang dijelaskan, dana ini dikelola oleh PKM sesuai aturan penggunaannya. Dan memastikan dana ini tepat guna maka ada evaluasi dilakukan pihak BPJS. Jadi dana ini benar-benar terlaksana dengan baik” Jelasnya.

Baca Juga:  Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Sabet Gelar Juara Dunia Kedua

Ada penilaian kinerja juga sangat berpengaruh, Kuncinya. (Ys/Nuansainfo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *