Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Longsor Di Sinjai, Pemrov Sulsel Jangan Berpangku Tangan

  • Bagikan

SINJAI, nuansainfonews.com – Bencana tanah longsor terjadi di poros Sinjai- Malino, tepatnya di perbatasan Dusun Rumpala Desa Botolempangan dan Dusun Ramah Desa Arabika, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulsel. Senin, 4 Desember 2023 sekitar pukul 04.35 Wita. Pemprov Sulsel diminta tidak tinggal diam (berpangku tangan red)

Hal ini diungkapkan sejumlah sumber yang berhasil disadap media ini, menyebut poros Sinjai- Malino merupakan jalan provinsi dalam hal ini kewenangan dinas PUTR Provinsi. Menurutnya sudah selayaknya pihak UPT Bina Marga (PUTR Provinsi red) juga harus terlibat dalam penanganan longsor di sana.

“Harus ada kolaborasi antara pihak Pemkab Sinjai dan Pemprov Sulsel, menangani material longsor yang menutupi badan jalan sekitar 30 meter” Ujar sumber, tidak ditulis jati dirinya.

Baca Juga:  Super Tim Penanganan Stunting Di Bumi Panrita Kitta

Lanjut dikatakan, jalan provinsi di Kabupaten Sinjai rata-rata rawan longsor utamanya poros Sinjai-Malino. Makanya itu pihak PU Bina Marga diharapkan selalu standby agar tidak ada kesan “berpangku tangan”.

“Sudah fenomena setiap tahun jalan provinsi di sana (poros Sinjai-Malino) terjadi longsor dan bukan hanya tertimbun material tapi kadang amblas ini harus ada antisipasi dari PUTR Provinsi” Tuturnya.

Informasi terakhir yang diterima media ini menyebutkan, alat berat PUPR Sinjai sudah berada di lokasi membersihkan material yang menutupi badan jalan. Demikian pula dengan warga bersama pihak lainnya bergotong royong mengevakuasi barang-barang korban.

“Alhamdulillah sudah ada tindakan dari warga Desa Bontolempangan dan warga Desa Arabika membantu mengevakuasi barang-barang korban, begitupun dari pemdes Botolempangan dan Arabika ,TNI POLRI, Dinsos, Dinas PUPR, BPBD, relawan bencana, Lingkungan Hidup, dan dari berbagai unsur dinas di Sinjai, kami sangat berterima kasih atas bantuan dari semua pihak” Tutur salah seorang aparatur Desa Botolempangan, lewat pesan WhatsApp.

Baca Juga:  Warga Patohoni Sinjai Nikmati Jalan Usaha Tani

Sebelumnya, T.R Fahsul Falah, Pj Bupati Sinjai saat mendapat kabar adanya bencana longsor langsung mengarahkan Dinas PUPR Sinjai agar mengerahkan alat berat ke lokasi. Begitu Pula dengan OPD lainnya dikerahkan ke lokasi kejadian.

“Sudah kita perintahkan pihak PUPR mengerahkan alat berat kesana membersihkan meterial yang menutupi badan jalan” Jelas Fahsul Falah.

Sementara, H. Haris Ahcmad, Kadis PUPR Sinjai yang dikonfirmasi menyebutkan sudah berkoordinasi dengan UPT Bina Marga dan alat berat diakuinya sudah menuju ke lokasi di Kecamatan Sinjai Barat.

Baca Juga:  Sat Lantas Polres Sinjai Berbagi

“Alat berat sudah perjalanan ke lokasi bersama anggota UPT bina marga” Singkatnya.

Menarik ulur, sebelumnya diberitakan media ini, adanya bencana longsor mengakibatkan poros Sinjai – Malino lumpuh akibat badan jalan tertimbun material longsor sekitar 30 Meter.

Selain itu, 2 rumah warga mengalami rusak berat (tertimbun) masing-masing milik Rahman (51) dan Serli, serta 1 rumah rusak ringan milik Bantong (60).

“Ada satu orang korban (Rahman) sudah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan” Sebut Nurban lewat keterangan tertulisnya. Sambil ditambahkan, kalau ada 4 unit kendaraan roda 2 (motor) ikut tertimbun dan 1 kendaraan roda 4 (mobil red).(U/Nuansainfo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *