Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Menyoal Banyaknya Anak Putus Sekolah, Anca Mayor Soroti Dinas Pendidikan

  • Bagikan

Anca Mayor

SINJAI, nuansainfonews.com – Masih hangat di ingatan polemik di Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai yang diduga memungut biaya pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di bawah naungannya, demikian disampaikan Andi Darmawansyah salah seorang aktivis, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, lewat rilisnya, kepada media ini, Selasa 5 Desember 2023.

Tindakan tersebut lanjutnya, diduga dulakukan demi mensukseskan event tahunan hari guru nasional (25/11). Sehingga memicu tanggapan publik.

Baca Juga:  SD Negeri 113 Balle Bidik Literasi IT

Tidak sampai disitu tambahnya, belakang ini nama Dinas Pendidikan tercoreng dengan munculnya data anak putus sekolah di Kecamatan Pulau Sembilan.

“Ramai diberitakan terkait upaya Kapolsek membantu anak putus sekolah agar dapat mengenyam pendidikan kembali, merupakan tamparan keras terhadap dinas yang terkait” Ungkap Anca terenyuh.

Andi Darmawansyah,menilai Dinas Pendidikan akhir-akhir ini terlihat melenceng dari bidangnya.

“Dinas pendidikan terlalu banyak kegiatan bimtek dan kegiatan yang memungut biaya. Mestinya jadi pebisnis saja tak perlu jadi kadis, apalagi membidangi pendidikan.” Katanya prihatin.

Baca Juga:  Jempol Gebrakan SD Negeri 111 Sinjai

Anca Mayor menyebut data yang dikeluarkan sejumlah media, terkait putus sekolah di tingkat SD di Kecamatan Pulau Sembilang sekitar 70-an. Belum yang lainnya.

“Saya yakin semua kecamtana ada anak putus sekolah karena berbagai faktor. Itu tantangan kita, tetapi dinas terkait kok bungkam” sambungnya.

Sehingga ia berharap bupati lebih peka dan tegas pada OPD di lingkup pemerintahannya. Terutama dalam dunia pendidikan.

Baca Juga:  Miliyaran Dana Pusat Menyapa Satuan Pendidikan Bumi Panrita Kitta

“Ini urgen, perintah konstitusi untuk cerdaskan kehidupan bangsa. Tak bisa ditawar-tawar. Jadi ini kesalahan fatal sekaligus kegagalan dinas pendidikan” kuncinya.

Irwan Syuaib Kapala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, masih berusaha dikonfirmasi hingga berita ini tayang. (Yusuf Burerah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *