Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Bergandengan Tangan Pemkab Sinjai Bersama Pemprov Sulsel Menangani Longsor

  • Bagikan

Bencana Longsor 2 Hari Lalu (4/12/2023) di Sinjai Barat

Makassar, nuansainfonews.com – Ada kolaborasi terbamgun antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Bergandengan tangan penanganan longsor. Hal ini disampailan T.R Fahsul Falah, Pj.Bupati Sinjai, kepada media ini, Selasa malam, 5 Desember 2023.

Lanjut dikatakan, pihaknya sementara duduk bersama Pj. Gubernur Sulsel, DR. Bahtiar Baharuddin, M.Si, membahas bencana longsor yang terjadi baru-baru ini di Sinjai. Demi sinergitas penanganan sesuai batasan kewenangan masing-masing.

“Malam ini kami lagi duduk dengan Pak Pj.Gubernur melaporkan kejadian tanah longsor Alhamdulillah akan dilakukan pengerjaan” Ungkap T.R Fahsul Falah, Pj. Bupati Sinjai, Lewat pesan WhatsApp.

Menarik ulur, sebelumnya sejumlah sumber yang berhasil disadap media ini, menyebut poros Sinjai- Malino merupakan jalan provinsi dalam hal ini kewenangan PUTR Provinsi. Menurutnya sudah selayaknya pihak UPT Bina marga (PUTR Provinsi red) juga harus terlibat dalam penanganan longsor disana.

Baca Juga:  Digitalisasi Pertamina Disambut Jeritan Rakyat

“Harus ada kolaborasi antara pihak Pemkab Sinjai dan Pemprov Sulsel, menangani material longsor yang menutupi badan jalan sekitar 30 meter” Ujar sumber, tidak ditulis jati dirinya.

Lanjut dikatakan, jalan provinsi di Kabupaten Sinjai rata-rata rawan longsor utamanaya poros Sinjai-Malino. Makanya itu pihak PU Bina marga diharapkan selalu standby agar tidak ada kesan “berpangku tangan”.

“Sudah fenomenal setiap tahun jalan provinsi disana (poros Sinjai-Malino) terjadi longsor dan bukan hanya tertimbun material tapi kadang amblas ini harus ada antisipasi dari PUTR Provinsi” Tuturnya.

Informasi terakhir yang diterima media ini menyebutkan, alat berat PUPR Sinjai sudah berada di lokasi membersihkan material yang menutupi badan jalan. Demikian pula dengan warga bersama pihak lainnya bergotong royong mengevakuasi barang-barang korban.

Baca Juga:  Merasa Dicemarkan Nama Baiknya, Kades Laikang Tempuh Jalur Hukum

“Alhamdulillah sudah ada tindakan dari warga Desa Bontolempangan dan warga Desa Arabika membantu mengevakuasi barang-barang korban, begitupun dari pemdes Botolempangan dan Arabika ,TNI POLRI, Dinsos, Dinas PUPR, BPBD, relawan bencana, Lingkungan hidup, dan dari berbagai unsur Dinas di Sinjai, kami sangat berterima kasih atas bantuan dari semua pihak” Tutur salah seorang aparatur Desa Botolempangan, lewat pesan WhatsApp.

Saat mendengar kejadian tersebut (04/12/2023) T.R Fahsul Falah, Pj Bupati Sinjai, langsung mengarahkan Dinas PUPR Sinjai agar mngerahkan alat berat ke lokasi. Begitu pula dengan OPD lainnya dikerahkan ke lokasi kejadian.

“Sudah kita perintahkan pihak PUPR mengerahkan alat berat kesana membersihkan meterial yang menutupi badan jalan” Jelas Fahsul Falah.

Baca Juga:  Meracik Sulaturahim AMJI RI sinjai Di Bulan Ramadhan

Sementara, H. Haris Ahcmad, Kadis PUPR Sinjai yang dikonfirmasi menyebutkan sudah berkoordinasi dengan UPT Bina marga dan alat berat diakuinya sudah menuju ke lokasi di Kecamatan Sinjai Barat.

“Alat berat sudah perjalanan ke lokasi bersama anggota UPT bina marga” Singkatnya.

Patut diketahui, Selain material longsor menimbung bahu jalan provinsi poros Sinjai-Malino sekitar 30 Meter, juga ada 2 rumah warga mengalami rusak berat (tertimbun) masing-masing milik Rahman (51) dan Serli, serta 1 rumah rusak ringan milik Bantong (60).

“Ada satu orang korban (Rahman) sudah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan” Sebut Nurban lewat keterangan tertulisnya. Sambil ditambahkan, kalau ada 4 unit kedaraan roda 2 (motor) ikut tertimbun dan 1 kendaraan roda 4 (mobil red).(U/Nuansainfo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *