Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Buka Sosialisasi Perlindungan Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan, Ini Yang Disampaikan Sekda Sinjai

  • Bagikan

Sinjai, nuansainfonews.com – Sekretaris Daerah ((Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa membuka Sosialisasi Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Untuk RT/RW dan Pekerja Rentan Desa di Kabupaten Sinjai Tahun 2023, Jumat (15/12/2023) di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai.

Pada Kesempatan tersebut, Sekda Sinjai menyampaikan bahwa kepesertaan BPJS ketenangakerjaan bagi pakerja rentan ditujukan kepada pekerja informal yang kurang mampu dan atau rentan terhadap resiko kerja yang dapat mengakibatkan terganggunya stabilitas ekonomi keluarga apabila mengalami kecelakaan kerja atau pun meninggal.

Baca Juga:  Dana Kapitasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai Mati Suri

“Adapun tujuan dari program ini yaitu sebagai salah satu program untuk pengendalian angka kemiskinan di tingkat desa, menghindari terjadi Stunting yang dilibatkan oleh menurunnya tingkat ekonomi keluarga pekerja informal desa yang diakibatkan oleh resiko kerja (kematian dan kecelakaan kerja) serta memastikan keberlanjutan dan peningkatan kualitas pendidikan anak pekerja rentan di desa dengan manfaat beasiswa,” jelasnya.

Baca Juga:  Progres Pembangunan Pasar Udo Sinjai Dijempol Warga

Lebih lanjut, Sekda Sinjai menyampaikan penyelenggaraan program jaminan sosial kerenagakerjaan di Lingkup Pemerintah Desa dilaksanakan dengan mempedomani undang-undang nomor 40 tahun 2024 tentang jaminan sosial, intruksi Presiden Republik Indonesia nomor 2 tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan, dan intruksi presiden nomor 4 tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Manfaat dari BPJS ketenagakerjaan bagi RT/RW apabila terjadi kecelakaan kerja pengobatan dan perawatan sampai sembuh apabila terjadi resiko kecelakaan dan manfaat berupa uang tunai sebagai pengganti penghasilan selama perawatan di rumah sakit dan santunan kematian senilai Rp. 118.000.000 sedangkan manfaat BPJS ketenagakerjaan bagi pekerja rentan didesa apabila meninggal sakit ataupun bukan kecelakaan kerja bantuan berupa uang senilai Rp. 42.000.000 tambahan beasiswa anak apabila peserta telah terdaftar dan aktif bayar iuran minimal 3 tahun terakhir,” ungkapnya(nuansainfo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *