Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Dana Pelatihan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Dikembalikan Ke KAS Daerah

  • Bagikan

SINJAI, nuansainfonews.com – Buntut pemberitaan “Usut Tuntas Dana Pelatihan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai” mendapat tanggapan dari penanggung jawab kegiatan adalah Abdul Wahid Latif, SE, MM Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu 23 Desember 2023.

Pihaknya membenarkan kegiatan pelatihan tersebut digelar 3 hari karena semua materi sudah diberikan/disampaikan. Demikian juga anggaran untuk yang dua hari dikembalikan ke KAS Daerah.

“Maaf, itu sumberta dari peserta, kenapa hanya sepotong infonya. Saya sampaikan kepada peserta kalau acara penyusunan model inovatif pembelajaran hanya dilaksanakan 3 hari karena semua materi sudah diberikan/disampaikan. Saya sampaikan kepada peserta, kalau SPPDnya nanti hanya dibayar 3 hari bukan 5 hari. Kami panitia juga mempertanggung jawabkan kegiatan hanga 3 hari. Dana yang 2 hari kami kembalikan ke KAS daerah. Pemakaian gedung dan makan minum, kami bayar dan SPJkan hanya 3 hari. Silahkan konfirmasi sama pihak ketiga kalau masih kurang jelas” Beber Abdul Wahud Latif.

Baca Juga:  Mandasini Eksis Pimpin SD Negeri 166 Taruncue

Ditanya soal jumlah anggaran serta sumber dana, Abdul Wahid Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, no coment. Demikian juga dengan jumlah dana yang dikembalikan ke KAS daerah belum digubris.

“Mohon maaf pak, SPJ nya sementara di kerja, karena baru kemarin selesai acaranya, sabarki” Jelasnya.

Menarik ulur, sebelumnya kegiatan tersebut ditengarai ada kejanggalan seiring beredar kabar anggarannya ratusan juta rupiah. Lucunya lagi dalam spanduk tertulis 5 hari pelaksanaan, namun realitanya hanya diselenggarakan selama 3 hari.

“Waktu datang Pak Kabid PKT (Pembinaan Ketenagaan) sempat mengakui dihadapan peserta pelatihan kalau anggarannya sangat besar. Tapi materinya dipadatkan dari rencana awal 5 hari menjadi 3 hari. Kalau tidak salah dengar anggarannya kurang lebih Rp 700 juta” Sebut sumber media ini meminta tidak ditulis identitas aslinya. Jumat malam, 23 Desember 2023.

Baca Juga:  Kasek SD Negeri 48 LappaE Sinjai Keluhkan Manajemen Pencairan Dana BOS Rumit

Lanjut dikatakan, bahwa Abdul Wahid Latif, SE, MM, Kabid PKT memang adalah penanggung jawab kegiatan. Makanya setelah dipangkas kegiatan dari 5 hari menjadi 3 hari, ia datang ke tempat pelatihan yang dipusatkan di Hotel Rofina dan Aula gedung Sinjai bersatu menyampaikan hal itu (kegiatan hanya 3 hari red) dengan alasan materi kegiatan sudah rampung semua.

“Masalahnya ini kegiatan anggarannya besar, kita tetap akan laporkan 3 hari saja pelaksanaannya” Ungkap Sumber menirukan ucapan Kabid PTK.

Selain anggaran pelatihan ini besar, untuk transpor peserta tidak ditanggung oleh anggaran pelatihan. Melainkan ditanggung oleh sekolah masing-masing dari dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Baca Juga:  SMP Negeri 12 Sinjai Adalah Sekolah Penggerak

“Karena terlanjur SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) peserta 5 hari, akan tetapi pelaksanaan cuma 3 hari maka minta dibayarkan tetap 3 hari” Ujar sumber masih menirukan ucapan Kabid PTK dihadapan peserta pelatihan.

Tertulis dalam spanduk pelatihan mulai tanggal 18 sampai tanggal 22 Desember dan yang diselengarakan hanya sampai pada tanggal 20 Desember 2023. Lalu dimana anggaran untuk yang 2 hari itu?

Irwan Syuaib, Kadis Pendidikan Kabupaten Sinjai saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengarahkan media ini ke Kabid Pembinaan Ketenagaan (PKT).

“Kita konfirmasi saja sama Kabid PKT” Singkatnya. (Yusuf Buraerah, SH)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *