Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Realisasi DAK Disdik Sulsel Dipertanyakan?

  • Bagikan

Ket. Foto Ilustrasi

SINJAI, nuansainfonews.com – Tinggal tiga hari lagi tahun 2023 tamat usia memasuki tahun 2024, realisasi pencairan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan dipertanyakan, kenapa? Karena masih ada sekolah baru 70 persen pencairan dananya. Akankah terealisasi 100 persen tahun ini ataukah menyeberang ke tahun depan (2024)?

“Rata-rata sekolah baru 70 persen dananya cair. Sementara kegiatan fisik sudah lama rampung” Ungkap Sumber dari kalangan Organisasi Masyarakat (Ormas), Kamis, 28 Desember 2023. Tidak dipublikasikan jati dirinya.

Baca Juga:  SMA Negeri 9 Sinjai Butuh Gedung Laboratorium
Pengadaan Peralatan SMKN 1 Sinjai DAK 2023

Pihaknya mengakui mengerjakan salah satu kegiatan DAK di salah satu SMK Negeri di Kabupaten Sinjai. Hanya saja untuk pencairan anggarannya belum kelar 100 persen.

“Semua administrasi sudah lama kita setor, tinggal tunggu realisasi pencairan tahap terakhir 30 persen” Sebutnya.

Sebelumnya, Ahonk, PTK DAK SMK Disdik Sulsel, saat ditemui di ruang kerjanya membenarkan masih banyaknya sekolah belum cair 100 persen dananya. Demikian juga disebutkan kemajuan fisik sudah di atas 90 persen. Pihaknya optimis rampung tahun ini (2023).

Baca Juga:  Memukau UPTD SMP Negeri 37 Sinjai

“Kemajuan fisik sudah tahap finishing, dan pencairan dananya terakhir 28 Desember 2023. Semoga tidak menyeberang ke 2024” Jelas Ahonk pekan lalu.

Lanjut dikatakan jumlah anggaran DAK untuk SMK tahun ini sekitar Rp 99 Miliyar tersebar di Kabupaten/Kota di Sulsel, dengan sistem pelaksanaan swakelola tahap IV. Dalam hal ini organisasi masyarakat sebagai pelaksana.

“DAK terbagi atas kegiatan fisik dan pengadaan peralatan sekitar Rp 50 Miliar. Untuk pengadaan peralatan sudah terealisasi dengan baik” Ujarnya.

Sementara Yusri Gazali, Kabid SMK Disdik Sulsel dikonfirmasi, Kamis malam, 28 Desember 2023 seputar pelaksanaan DAK menyebutkan realiasi anggaran sudah mencapai 95 persen. Namun demikian pihaknya membenarkan masih adanya sekolah, baru 70 realisasi pencairan dananya.

Baca Juga:  Hancur Bagian Atas SD Negeri 161 Barae Sinjai

“Fisik sudah selesai semua, realisasi dananya 95 persen. Saat ini masih proses pencairan 100 persen” Pungkasnya.

Lain halnya dengan DAK untuk bidang SMA banyak menyebut realisasi anggarannya masih jauh dari kata 100 persen. Justru Kabid SMA, Harapansa saat dikonfirmasi memilih bungkam. (Yusuf Buraerah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *