Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Buntut Pemberitaan Usut Tuntas Dana Desa SamaturuE Sinjai, Kades Sebut Sudah Sesuai Perencanaan

  • Bagikan

Ket. Foto Ilustrasi

SINJAI, nuansainfonews.com – Suara Palewai, SE, Kades Samaturue, dari balik telpon seluler, Kamis Sore, 4 Januari 2024, menyebut pembangunan drainasi, talud dan penimbunan jalan cor beton di poros Hombes, Dusun Balangpesoang Rilau, Desa Samaturue, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulsel, sesuai perencanaan. Klarifikasi ini merupakan buntut pemberitaan “Usut Tuntas Anggaran Dana Desa Samaturue”.

Pihaknya secara gamblang mengatakan, pembangunan drainase, talud dan penimbunan yang menghabiskan anggaran dana desa sekitar Rp 150 juta merupakan peningkatan kapasitas jalan sebagai realisasi usulan.

Baca Juga:  Pembahasan APBD Pokok Kabupaten Sinjai Hanya 24 Jam, Benarkah?

“Kita ini tidak serta merta melakukan pekerjaan. Itu usulan warga sudah sesuai perencanaan” Ungkapnya.

Lanjut disebutkan pekerjaan tersebut sudah sesuai aturan sebagaimana dalam RAB yang ada. Demikian juga anggarannya diakuinya sudah sesuai realisasi pekerjaan.

“Semuanya sudah sesuai aturan dan RAB. Ini usulannya masyarakat” Tegasnya.

Lebih jauh pihaknya penyebutkan volume pekerjaan drainase tersebut sekitar 100 meter, demikian juga taludnya. Serta membenarkan anggaran talud dan penimbunan badan jalan sekitar Rp 50 Juta dan drainase sekitar Rp 100 Juta.

Baca Juga:  Warga Patohoni Sinjai Nikmati Jalan Usaha Tani

Menarik ulur sebelumnya media ini memberitakan pada tanggal 2 Januari 2024 dengan judul “Pembangunan Drainase Hombes Menui Sorotan, APH Diminta Turun Ke Lokasi. Kemudian Kamis, 4 Januari dengan judul “Usut Tuntas Anggaran Dana Desa Samaturue Sinjai.

Terpisah, Ketua Umum Lsm “Bersatu” Kabupaten Sinjai,Nurzaman Razaq yang dimintai tanggapannya, Kamis (04/01/2024 berharap, persoalan pembangunan drainase jalan Hombes di Dusun Balangpesoang Rilau, Desa Samature itu, agar disikapi pihak Tipidkor Polres Sinjai untuk melakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut.

Baca Juga:  Marak Pemberitaan Keterlambatan Pencairan ADD, Andi Azis Karaeng Soi Menyarankan Pemkab Sinjai Transparan

“Hal ini dipandang perlu, agar tidak menjadi issu tidak sedap di tengah masyarakat, sehingga memang patut dilakukan pemeriksaan detail secara fisik di lapangan,” tandas Nurzaman Razaq seraya menambahkan, mengingat indikasi-indikasi persoalan telah mencuat ke permukaan, terutama pada soal pemanfaatan anggaran dikaitkan perencanaan awal dengan hasil pekerjaan dan HOK nya serta pengadaan bahan materialnya.

“Kami minta hasil pekerjaan pembangunan drainase Jalan Hombes di Samature diusut tuntas pihak Tipidkor Polres Sinjai” Pungkasnya. (Yusuf Buraerah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *