Menu
Akurat, Berani & Terpercaya

Birahi Politik Rusak Eksistensi Pemilu

  • Bagikan

Oleh Muhammad Yusuf Buraerah, SH.

Renungan Redaksi – Kini muncul istilah “Birahi Politik” dikalangan masyarakat luas menanggapi berbagai fenomena menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Sebagai bentuk rasa kesal terhadap oknum-oknum yang melabrak rambu-rambu perhelatan pesta demokrasi¬† memilih pemimpin di negara yang kita cintai ini, serta wakil mereka (rakyat red) di kursi parlemen.

Ungkapan rasa kesal rakyat memakai istilah “birahi politik” ditujukan kepada oknum yang tidak mampu menjaga netralitas. Semestinya menjadi “Tauladan” bagi masyarakat luas dalam mentaati rambu-rambu yang ada. Justru melabrak aturan tersebut yang nyata-nyata bisa membuat perhelatan pesta demokrasi jadi “suram”.

Baca Juga:  Politik Balas Dendam Tantangan Dan Sandungan

Dikutip dari pengumuman Bawaslu RI, tentang netralitas ASN, TNI, Polri, Pejabat BMUN/BUMD, Ketua RT, Ketua Lingkungan, Lurah dan Camat. terlibat politik praktis dipidana penjara. Hal ini diatur dalam UU No. 7 Tahun 2017, Pasal 280 (Ayat 2,3), Pasal 282, Pasal 283 (Ayat 1,2) dan UU No. 10 Tahun 2016 Pasal 70.

Baca Juga:  BBM Naik Demokrasi Mahal

Demikian dalam Undang Undang No. 7 Tahun 2017 Pasal 494, setiap ASN, Anggota TNI dan Polri, Kepala Desa, Perangkat Desa, dan/atau Anggota Badan Permusyawaratan Desa yang melanggar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 280 Ayat (3) dapat dipidana dengan kurungan pidana paling lama 1 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 12.000.000, (Dua Belas Juta Rupiah).

Baca Juga:  Alokasi DIF Untuk Stunting Perlu Pengawalan APH

Sangat jelas aturan netralitas harus dijunjung tinggi agar pesta demokrasi Pemilu dan Pileg yang akan digelar Tanggal 14 Februari 2024 menjadi catatan “emas” di hati rakyat. Birahi politik harus dibuang jauh-jauh agar tidak mendapat teguran dari UU Netralitas. Karena melabrak netralitas bisa mendekatkan pada kemunafikan yang nyata.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *